get app
inews
Aa Read Next : Karhutla Kembali Melanda Riau, Ini Daerah yang Rawan

Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Cagar Biosfer Riau, 10 Hektare Terbakar

Jum'at, 23 Juni 2023 | 08:28 WIB
header img
Karhutla di Cagar Biosfer (Foto/Nanda)

iNews.id - Tim gabungan melakukan terus melakukan pemadaman di kawasan Cagar Biosfer hutan Giam Siak Kecil, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Hari ini tim sudah berhasil melakukan pemadaman.

Untuk melakukan pemadaman, Polres mengerahkan sebanyak 25 personil ke lokasi. Sementara untuk keseluruhan, tim pemadam yang berasal dari TNI, BPBD,  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Maggala Aqni dan warga totalnya ada 100 personil.


"Perintah pimpinan kita Pak Kapolda Riau dan Pak Kapolres untuk segera melakukan penanganan Karhutla di Cagar Biosfer. Hari ini kebakaran sudah berhasil kita tangani secara bersama sama," ucap  Kasat Reskrim AKP M. Reza Kamis (22/6/2023).

Untuk melalukan pemadaman yang Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang merupakan kawasan konservasi, tim udara juga dikerahkan. Pemadaman dilakukan dengan melakukan water boombing (bom air).

"Untuk melakukan pemadaman ada satu unit helikopter yang diperbantukan untuk melakukan pemadaman," imbuhnya.

Berbagai ringan banyak dihadapi tim yakni angin yang selalu berubah arah, kondisi lahan yang terbakar adalah gambut sehingga mudah terbakar. Kemudian masih banyaknya hewan buas seperti harimau sumatera.

"Lokasi cukup jauh, tim juga harus memakai jalur air. Sekitar 6 jam ke lokasi. Mesti sudah padam, kita masih di lapangan untuk melakukan pendinginan," tukasnya. 

Kebakaran di Cagar Bioser sudah terjadi selama 4 hari. Luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare.
 

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut