get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Riau Lakukan Pendataan Anak Berkewarganegaraan Ganda

Laga Pamungkas, Malayasia di Ujung Tanduk

Selasa, 03 Januari 2023 | 20:03 WIB
header img
Malaysia Menjamu Singapura di Laga penyisihan group (foto okezone)


KUALA LUMPUR iNews.id – Tim Nasional (Timnas) Malaysia bakal bersusah payah untuk bisa merebut tiket ke semifinal di laga pamungkas fase group Piala AFF 2022. Walau nanti menang Harimau Malaya belum tentu lolos. 


Malaysia akan menjamu Singapura di pada Selasa (3/1/2023) malam. Laga tersebut teramat penting bagi Malaysia untuk bisa meraih tiket ke semifinal Piala AFF 2022.

Kendati demikian, kondisi jelang melawan Singapura benar-benar tak menguntungkan untuk skuad berjuluk Harimau Malaya tersebut. Sebab potensi Malaysia gugur di fase grup terbilang cukup besar.

Kemenangan menjadi wajib diraih Malaysia atas Singapura dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur tersebut. Sebab hanya dengan meraih kemenangan Malaysia bisa lolos ke babak empat besar.


Hal itu tak terlepas dari posisi Malaysia saat ini yang berada di peringkat ketiga pada klasemen sementara Grup B. Malaysia berada di urutan ketiga dengan koleksi enam poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Timnas Malaysia sejatinya hanya tertinggal satu poin dari Singapura dan Vietnam yang berada di posisi kedua dan pertama. Kondisi tersebut membuat hanya kemenangan atas Singapura di laga pamungkas Grup B yang bisa membuat Malaysia tembus ke semifinal.

Andai Malaysia berhasil menang atas Singapura dan pada laga lainnya Vietnam sukses mengalahkan Myanmar, maka pasukan Kim Pan-gon akan finis sebagai runner-up Grup B. Namun, jika Malaysia menang atas Singapura, tapi Vietnam diimbangi Myanmar, maka Harimau Malaya yang akan menjadi juara grup dan Golden Star Warriors sebagai runner-up.

Kemenangan menjadi syarat mutlak untuk Malaysia. Jika mereka imbang dan Vietnam kalah sekali pun dari Myanmar hingga kedua tim sama-sama mengoleksi tujuh poin, Harimau Malaya tetap kalah dalam hal selisih gol.

Tentu terlalu sulit mengharapkan Myanmar bisa mengalahkan Vietnam. Jadi, harapan satu-satunya Malaysia adalah menang atas Singapura.

Masalahnya, Timnas Singapura sedang dalam performa terbaik mereka. The Lions sukses mengalahkan Myanmar dengan skor 3-2 dan menumbangkan Laos 2-0.

Tentu yang paling menarik adalah keberhasilan Singapura menahan Vietnam 0-0. Jika dapat bermain baik seperti saat menahan Vietnam, maka Singapura bisa saja membuat Malaysia gagal meraih kemenangan dan gugur dari Piala AFF 2022.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut