get app
inews
Aa Read Next : Polda Riau Ungkap Praktik Judi Online High Dominp Dengan Omset Rp 18 M

Tim Gabungan Razia Pekerja Asing di Dumai, Ini Hasilnya

Kamis, 10 November 2022 | 14:23 WIB
header img
Razia Pekerja Asing di Dumai (Foto/Nanda T)

Dumai iNews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai bersama Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) melakukan operasi gabungan di Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Tim yang terdiri dari perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Dumai, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai, Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, Polres Dumai, Danramil Kecamatan Medang Kampai, Polsek Medang Kampai serta perangkat daerah terkait mengawali kegiatan operasi gabungan dengan mendengarkan arahan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Dumai, Rejeki Putra Ginting.

“Demi menjaga kondusifitas pada wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, diperlukan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi yang kuat antara setiap unsur pemerintah dan masyarakat. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Masing-masing dari kita memiliki tugas dan fungsi sama pentingnya, tidak ada yang lebih unggul dari antara satu sama lain,” sebut Kakanim Dumai,  Asnam Kamis (10/11/2022).

Dia mengingatkan agar tetap mengedepankan prinsip ketelitian dan seksama demi menjaga terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing.

Operasi gabungan diawali dengan mendatangi Kawasan Industri Dumai. Setiba di KID seluruh tim langsung menuju ke PT. Pelita Agung Agriindustri disambut oleh Marhot selaku Humas dari perusahaan tersebut. “Di tempang ini terdapat 8 orang Tenaga Kerja Asing, yang mana seluruhnya menggunanakn Kitas Dumai,” terang Marhot. 

Dari hasil pemeriksaan pada perusahaan tersebut tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian dan seluruh dokumen pendukung terpenuhi dengan baik. Selanjutnya, tim bertolak menuju PT. Bumi Karyatama Raharja Dumai. 

“Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di perusahaan ini terdiri dari 5 orang TKA dengan menggunakan Kitas Dumai. Namun saat ini hanya ada 2 orang TKA, sementara 3 orang lainnya sedang tidak ditempat dikarenakan cuti dan pulang ke Negaranya masing2,” teraing Muzakir selaku HRD dari perusahaan tersebut. 

Operasi Gabungan berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan sebab tidak ada pelanggaran yang ditemukan. Kegiatan Operasi Gabungan akan terus dilaksanakans secara berkala sebagai bentuk monitoring dan evalasi terhadap pengawasan orang asing sehingga kondusifitas tetap terjaga dengan baik.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu mengapresiasi kolaborasi yang terjalin dalam Tim Pengawasan Orang Asing dan Operasi Gabungan Ini. "Kolaborasi dan kerjasama harus tetap terjalin dengan baik, tidak hanya melalui operasi gabungan saja, melainkan setiap waktu. Dengan kolaborasi, kerjasama dan sinergitas yang solid tentunya langkah-langkah pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dapat ditentukan dengan cepat dan tepat sehingga keamanan dan ketertiban NKRI tetap terwujud nyata," sebutnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut