Logo Network
Network

Jokowi Kembali Singgung Harga Pertalite

Shelma Rachmahyanti okezone
.
Minggu, 07 Agustus 2022 | 08:13 WIB
Jokowi Kembali Singgung Harga Pertalite
Foto Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi menyinggung soal harga Pertalite yang masih dijual Rp7.650 per liter. Harga tersebut sangat murah karena harga keekonomian Pertalite saat ini di atas Rp10 ribu.

"Coba di negara kita bayangkan kalau Pertalite naik dari Rp7.650 naik jadi harga benar adalah Rp17.100, demonya berapa bulan? Naik 10% saja, saya ingat dulu 3 bulan (demonya). Kalau naik 100% lebih demonya berapa bulan?" kata Jokowi dalam acara Silahturahmi Nasional PPAD 2022, Jakarta.

BACA JUGA:Cadangan BBM Subsidi Habis Dinikmati Orang Kaya?
Soal Pertalite juga sudah pernah dia bahas pada Mei 2022. Jokowi mengakui bahwa pemerintah terus menahan agar harga BBM Pertalite tidak naik di tengah tingginya harga minyak dunia dan harga komoditas energi lainnya.

“Yang namanya Pertalite ini, kita tahan-tahan betul agar tidak naik dan harganya tetap di angka Rp7.650 (per liter),” kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antara, Sabtu (21/5/2022).

Presiden Jokowi bahkan membandingkan harga BBM di Indonesia dengan harga di negara-negara lain yang telah meningkat karena tekanan harga komoditas energi di pasar global sebagai dampak eskalasi perang antara Rusia dan Ukraina.

Kenaikan harga BBM di negara lain, ujar Presiden, jauh melebihi harga BBM di Indonesia. Pemerintah dapat mempertahankan harga BBM Pertalite saat ini dengan memberikan subsidi melalui APBN.

“Saya lihat misalnya di Jerman, bensin sudah Rp31 ribu, sudah hampir dua kali lipat, di Singapura Rp32 ribu, di Thailand Rp20.800, (harga) ini kalau saya rupiahkan. Di Amerika Rp18 ribu kurang lebih. Kita masih Rp7.650 (Pertalite),” ujar Presiden Jokowi.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News

Bagikan Artikel Ini