Makanan dan Minuman yang Mesti Hindari Saat Demam

Wiwie Haryani okezone
Demam (Foto freefik/ilusrasi)

iNewsPekanbaru.id - Penyakit demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang hampir dialami semua orang. Salah satu pengobatan dan pemulihannya yakni dengan tetap menjaga asupan makanan bernutrisi. Namun, tidak semua makanan bisa dikonsumsi begitu saja ketika Anda demam. Malah ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memperparah demam yang mesti anda hindari.

 Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/9/2024)  berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat demam:

  1. Daging: Meskipun kaya akan protein dan zinc, daging, terutama yang berlemak, dapat meningkatkan peradangan dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya, pilih makanan laut atau sup ayam sebagai alternatif untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan.
  2. Makanan yang digoreng: Makanan gorengan seperti ayam goreng dan aneka camilan mengandung lemak jenuh yang berlebihan. Ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperburuk peradangan, membuat tubuh kesulitan melawan infeksi.
  3. Kafein: Sebagai diuretik, kafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang seringkali menjadi masalah pada penderita demam. Kafein juga dapat meningkatkan detak jantung, memberi beban ekstra pada sistem kardiovaskular yang sudah lemah.
  4. Makanan asin: Makanan tinggi garam, seperti keripik dan makanan olahan, dapat menyebabkan retensi air, pembengkakan, dan peningkatan tekanan darah, yang berbahaya bagi penderita demam.
  5. Makanan pedas: Makanan pedas dapat memperburuk gejala seperti gatal tenggorokan dan batuk, yang dapat memperparah kondisi saat demam. Ini juga bisa berdampak negatif pada sistem pencernaan.
  6. Minuman manis atau bersoda: Meskipun terlihat menyegarkan, minuman manis dan bersoda dapat memperburuk dehidrasi. Air mineral adalah pilihan terbaik untuk menjaga hidrasi selama masa pemulihan. Gula berlebih dalam minuman dapat mengganggu proses pemulihan.

Hindari makanan dan minuman ini untuk mendukung pemulihan yang lebih baik saat demam.



Editor : Banda Haruddin Tanjung

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network