get app
inews
Aa Read Next : Polda Riau Lakukan Assistensi dan Supervisi Terkait OMP LK 2024 di Bengkalis

Mahasiswa Pekanbaru Deklarasi Damai dan Siap Awasi Pilkada, Polda Riau Mengapresiasi

Kamis, 26 September 2024 | 22:08 WIB
header img
Mahasiswa Riau

iNewsPekanbaru.id — Para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Riau (UIR) di Pekanbaru menegaskan akan mengawasi jalannya Pilkada. Para mahasiswa juga menyepakati agar penyelenggeraan Pilkada berjalan dengan damai.

Ahmad Deni, Presiden Mahasiswa UIR, menegaskan peran mahasiswa sebagai agen perubahan dan pengawas pilkada yang berintegritas. Hal itu disampaikannya dalam Seminar Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai.

Dia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian mahasiswa terhadap proses demokrasi yang bersih, damai, dan transparan. Dia menjelaskan bahwa kgiatan iti menjadikan UIR sebagai kampus pertama di Provinsi Riau yang mempelopori deklarasi Pilkada Riau 2024.

“Kami bangga menjadi pionir dalam menggelar seminar kebangsaan dan deklarasi damai ini. Harapannya, mahasiswa UIR dapat menjadi agen of control yang aktif mengawasi jalannya Pilkada Riau 2024, memastikan proses yang demokratis, adil, dan bebas dari politik uang," tegasnya.

Seminar dan deklarasi ini diharapkan menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran publik, terutama generasi muda, akan pentingnya partisipasi yang cerdas dan kritis dalam Pilkada. "Peran mahasiswa sebagai pengawas pemilu bukan hanya tugas moral, tetapi juga tanggung jawab sosial," tambah Deni.

Rektor UIR, Prof Syafrinaldi, menyampaikan apresiasi atas inisiatif BEM UIR. "Sebagai kampus pertama di Riau yang menggagas seminar kebangsaan dan deklarasi Pilkada damai, kami berharap kegiatan ini dapat diaplikasikan dengan baik, masyarakat menunggu peran aktif mahasiswa dalam menjaga Pilkada damai," katanya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri dari Polda Riau.  Direktur Intelkam Polda Riau Kombes Pol. Efrisal menekankan bahwa kegiatan ini menjadi bukti bahwa Pilkada bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, melainkan kerja sama semua elemen masyarakat, termasuk mahasiswa.

 "Polda Riau telah melakukan berbagai kegiatan seperti silaturahmi Kamtibmas, doa bersama, dan deklarasi Pilkada damai. Kami berharap komitmen mahasiswa untuk menjaga stabilitas keamanan dapat terwujud.,"katanya.

Dia mengatakan TNI, Polri, dan pemerintah daerah juga menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan Pilkada damai di Provinsi Riau, dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi pemicu terciptanya suasana yang kondusif dalam proses demokrasi ke depan.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut