get app
inews
Aa Read Next : Pesan Bluebird Pakai WhatsApp, Kenapa Tidak?

Viral, Gajah Sumatera Masuk Tol Pekanbaru Dumai

Senin, 20 November 2023 | 17:26 WIB
header img
Gajah Sumatera Masuki Tol Pekanbaru Dumai (Foto Tangkapan Layar)

iNewsPekanbaru.id - Kejadian menyeberangnya seekor gajah Sumatera di Tol Pekanbaru Dumai (Permai) menjadi viral di media sosial. Gajah dewasa tersebut terlihat menyeberang di kilometer 81 tol, dan rekaman video kejadian itu diabadikan oleh pengguna tol yang melintas. 

Tol Trans Sumatera, Permai sebenarnya telah dilengkapi dengan terowongan penyeberangan (underpass) khusus untuk gajah, namun gajah ini memilih untuk menyeberang di tempat lain.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Ujang Holisudin, menjelaskan bahwa gajah tersebut adalah Gajah Getar, yang sebelumnya bersama kelompok Balai Raja. 

"Gajah ini menyebrangi tol untuk mencari kelompok gajah Suakamargasatawa Giam Siak Kecil yang berada di seberang tol," ucap Uang Senin (20/11/2023).

Gajah Getar memiliki karakter sebagai gajah soliter dan merupakan hajah penyendiri. Usianya diperkirakan sekitar 30-35 tahun. Meskipun tidak dipasang GPS, Gajah Getar memiliki kebiasaan berpindah dari Kantong Gajah Balai Raja ke Kantong Giam Siak.

Kemungkinan besar, Gajah Getar memasuki tol dengan menembus pagar dinding tol, dan setelah itu menyeberang ke pembatas tol. Kejadian ini menyoroti tantangan pelestarian gajah Sumatera dan upaya mereka untuk mencari kawanan atau habitat yang sesuai.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut