get app
inews
Aa Read Next : Polisi Bandara SSK Pekanbaru Gagalkan Peredaran 1 Kg Sabu Via Penerbangan

Bandara SSK Pekanbaru Layani Kembali Penerbangan Charter Umroh

Kamis, 27 Juli 2023 | 17:03 WIB
header img
Bandara SSK Pekanbaru Layani Umrah (Foto Ist)

iNewsPekanbaru.id - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mulai hari ini, kembali layanan penerbangan umrah dengan jadwal 2 kali dalam seminggu. Pelayanan ini yakni untuk paket 13 hari yang diberangkatkan setiap hari Kamis dan paket 12 hari yang diberangkatkan setiap hari Senin. 

Untuk kegiatan keberangkatan hari ini sendiri merupakan program perdana paket 13 hari dari Bandara SSK II Pekanbaru (PKU) ke Bandara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Medinah, Arab Saudi (MED) dan akan dipulangkan kembali melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi (JED).

Penerbangan langsung charter umroh Lion Air dimulai dengan seremonial pelepasan jemaah umroh ditandai dengan pengalungan bunga kepada perwakilan jamaah umroh dari Travel Arminareka Perdana, Nadwa Tour Travel dan jamaah dari Al Harom Binahati yang dilakukan oleh Fitra Maulana selaku Manajer Operasi dan Pelayanan Bandara SSK II Pekanbaru, Novianti Harahap selaku Kepala Divisi Layanan Haji dan Umroh Lion Grup, Lucianti selaku Komisaris dari PT Krakatau Citra Indonesia dan Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Syahrudin.

Dalam sambutannya, Fitra mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada travel agen penyelenggara umroh dan Lion Air yang melakukan penerbangan jemaah umroh langsung dari Pekanbaru.

"Kami mengucapkan selamat kepada Lion Air sebagai maskapai perdana, tentunya kami sangat membuka diri dan akan terus meningkatkan layanan di bandara dengan ditetapkannya sebagai salah satu entry point dengan harapan penerbangan umroh tumbuh, tentunya diperlukan sinergi dengan pihak terkait", ungkap Fitra Kamis (27/7/2023)

Sementara Novianti Harahap mengatakan setelah Pekanbaru maka penerbangan langsung ke Arab Saudi tanpa transit akan disambung dengan kota-kota lainnya.

"Animo di Pekanbaru sangat besar. Seperti perdana ini menerbangkan 206. Penerbangan dilakukan seitap hari Senin dan Kamis, maka jumlahnya terus bertambah dengan pesawat 855, terbang tanpa transit. Penerbangan umroh dengan nomor JT 56 akan menyediakan dua kali layananan makanan minuman selama penerbangan. Kami juga akan membuka 63 penerbangan umroh akan dari 13 kota di Indonesia," ungkapnya.

Disisi lain, Syahrudin mengatakan adanya penerbangan langsung ke Arab Saudi sangat disambut baik karena membantu mensukseskan program Kemenag dalam melayani jemaah umroh.

"Kami menyambut baik dari upaya yang dilakukan Lion Air, karena sebelumya penerbangan langsung dari Pekanbaru ke Madinah semula melalui Malaysia atau Singapura jadi terpaksa menginap dulu. Jadi ini sangat membantu para jemaah dan menyukseskan program Kemenag melayani jemaah umroh dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sesuai dengan keterangan pers Corporate 
Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro tanggal 21 Juli 2023, Penerbangan dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Lion Air mengoperasikan 
pesawat Boeing 737-9. Pesawat ini memiliki kapasitas yang cukup besar dengan 215 kursi kelas ekonomi. 
Pesawat Boeing 737-9 dikirim langsung dari pabrikan pesawat, merupakan salah satu varian dari keluarga 
pesawat Boeing 737 yang telah dirancang dengan teknologi dan inovasi terkini untuk memberikan 
kenyamanan dalam penerbangan.

Danang menambahkan bahwa Pesawat Boeing 737-9 memiliki desain kabin modern dan nyaman, dirancang untuk meningkatkan pengalaman perjalanan menyenangkan bagi para penumpang. Kabin kelas ekonomi pada pesawat ini menyediakan kursi-kursi ergonomis dengan jarak antar-kursi memadai, sehingga penumpang dapat merasa lebih lega selama penerbangan.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan secara terpisah menyambut baik dimulainya kembali penerbangan umroh yang dilakukan oleh Lion Air setelah sempat terhenti karena adanya periode haji. 

"PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru akan terus mengedepankan kolaborasi dengan seluruh pihak meliputi maskapai, travel dan Kemenag agar program ini dapat terus berkelanjutan dan tumbuh sehingga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan ibadah umroh", tukasnya.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut