get app
inews
Aa Read Next : Bakar Pesawat Susi Air, KKB Sandra 15 Pekerja

Penampakan Pilot Susi Air Disandra KKB

Selasa, 14 Februari 2023 | 23:52 WIB
header img
Teroris Tangkap Pilot Susi (foto/okezone)

Papua, iNewspekanbaru.id – Satgas Operasi Damai Cartenz menggelar operasi pencarian Kapten Philips Max Marthens, pilot Susi Air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris pimpinan Egianus Kogoya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM), Sebby Sembom mengatakan, Kapten Phillips saat ini sudah keluar dari Distrik Paro dan dalam kondisi sehat.


"Saat ini pilot sudah bersama dengan Egianus Kogoya, mereka sudah keluar dari Paro sejak beberapa hari lalu, sekarang mereka sudah berada di kampung Alguru," ujar Sebby, Selasa (14/2/2023).

Dia pun merilis foto Kapten Philips yang disandera di markas KKB teroris. Warga Selandia Baru tersebut terlihat mengenakan kaus warna hitam bergambang bintang kejora dan memakai jaket. Dalam foto terlihat Kapten Philips memakai celana pendek dan topi rimba.

Sejumlah anggota KKB bersenjata juga tampak menjaga Kapten Philips. Salah satu diantaranya bahkan membawa senjata canggih yaitu Grenade Launcher Module (GLM) atau Pelontar Granat.

Senjata tersebut diduga yang digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, terhadap Satgas Muara Perairan (Mupe) Yonif 3 Marinir Pasmar 2 di Pos Quary Bawah, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Dalam serangan mematikan itu, dua prajurit pasukan Marinir TNI AL gugur. Keduanya adalah Letda Marinir Muhammad Ikbal dan Pratu Marinir Wilson Anderson Here.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan bahwa warga berkebangsaan Selandia Baru itu saat ini bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan

"Memang benar pilot tersebut bersama kelompok KKB pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, " katanya di Jayapura.

Meskipun sudah memastikan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu berada bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya namun belum bisa memastikan lokasinya di mana.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut