get app
inews
Aa Read Next : Libur Nataru Aktivitas di Bandara SSK Meningkat, Lion Tambah 1 Extra Flight

Bandara SSK II Pekanbaru Gelar Rapat Keamanan dan Penanggulangan Keadaan Darurat

Kamis, 22 Desember 2022 | 17:19 WIB
header img
Rapat Pengamanan Bandara SSK Pekanbaru (Foto Riski)

PEKANBARU iNews.id - PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyelenggarakan Rapat Komite Penanggulangan Keadaan Darurat dan Rapat Komite serta Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan (Table Top Exercise) bertempat di Gedung Graha Aviasi Bandara SSK II Pekanbaru. 

M. Hendra Irawan selaku EGM Bandara SSK II Pekanbaru menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Dirjen Perhubungan Udara Nomor 479 Tahun 2015 Tentang Petunjuk dan Tata Cara Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139.10.

"Dimana Komite Penanggulangan Keadaan Darurat memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pertemuan komite sekurang - kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun dan tindak lanjut Keputusan Menteri Nomor KM 211 Tahun 2020 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, yang dimana kami selaku Operator Bandar Udara wajib mengadakan Rapat Komite sebanyak 4 (empat) kali pertemuan dalam 1 tahun," katanya Kamis (22/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan maupun perwakilan seluruh anggota komite penanggulangan keadaan darurat dan komite keamanan yang terdiri dari instansi internal maupun eksternal antara lain Lanud Roesmin Nurjadin, Basarnas, Polresta Pekanbaru, Badan Intelejen Daerah, Kodim 035 Pekanbaru, Dinas Kebakaran Kota Pekanbaru, BKMG, KKP, Imigrasi, Karantina, Airnav, Rumah Sakit di sekitar bandara, maskapai dan anggota lain.

Irawan yang pada kegiatan ini bertindak sebagai Ketua Komite mengungkapkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kedua rapat ini adalah untuk menjaga efektifitas dokumen maupun SOP yg tertuang dalam dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Program (ASP), meningkatkan peran aktif anggota komite dan meningkatkan kesadaran seluruh pihak akan pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan serta meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan komunikasi antar anggota Komite Keselamatan dan Komite Keamanan Penerbangan Bandara SSK II Pekanbaru dalam melaksanakan tugas penanganan keadaan kondisi darurat kapan saja yang sewaktu waktu dapat terjadi.

Selanjutnya, Irawan berharap agar seluruh anggota komite nantinya akan senantiasa siap tanggap dalam merespons segala kemungkinan kondisi darurat yang mungkin dapat terjadi kapan saja dengan SOP yang telah teruji dan bersama - sama tetap solid menjaga keamanan mengingat keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Saya berharap Rapat Komite Penanggulangan Keadaan Darurat dan Rapat Keamanan Bandar Udara ini dapat mempererat tali silaturahmi antar stakeholder yang akan terus berjalan dengan baik dan harmonis seperti yang telah terbina selama ini", tutup Irawan.

Editor : Banda Haruddin Tanjung

Follow Berita iNews Pekanbaru di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut